Percayakan Bisnis Anda Kepada TOP DIGITAL INDONESIA

TOP DIGITAL INDONESIA

Jasa Konsultan Digital Marketing Agency Terbaik Sejak 2008 dan Telah dipercaya 100+ Klien Dari Seluruh Wilayah Indonesia

digital marketing

Kenapa Pilih TOP DIGITAL INDONESIA

TOP DIGITAL INDONESIA

Service Yang Kami Tawarkan

Berikut Beberapa Service Yang Kami Tawarkan Untuk Kemajuan Bisnis Anda

Social Media Marketing (SMM)

Social Media Marketing: Pengertian, Jenis-Jenis, dan Manfaatnya

Social Media Marketing (SMM) merupakan sebuah teknik marketing yang digunakan untuk mempromosikan suatu konten, layanan, produk dan atau jasa melalui sosial media seperti halnya Facebook, Instagram, Youtube, TikTok, Twitter, LinkedIn, dan sebagainya.

Dibandingkan teknik marketing lainnya, teknik social media marketing termasuk teknik yang sangat efektif untuk menjangkau konsumen secara tertarget. Namun, dikarenakan algoritma sosial media yang sering berubah seiring waktu, maka teknik ini pun butuh penyesuaian teknik dan strateginya.

Pengertian Social Media Marketing

Social media marketing (SMM) adalah strategi penggunaan platform sosial media untuk mempromosikan produk, jasa, brand, konten, dan layanan tertentu dengan tujuan untuk menjangkau audiens tertarget.

Menurut wikipedia, SMM tidak hanya mencangkup platform sosial media saja, melainkan juga mencangkup berbagai macam jenis layanan online seperti halnya blog dan website.

Pemasaran sosial media tentunya melibatkan pembuatan konten yang dikhususkan untuk para pengguna media sosial. Karena itu kalian harus mengetahui karakteristik audiens-nya secara rinci mulai dari usia, tempat tinggal, bahasa, status pernikahan, ketertarikan, hobi, dan sejenisnya.

Konten yang dibuat khusus untuk social media marketing beragam jenisnya. Diantaranya ada:

  • Teks / tulisan
  • Gambar
  • Video
  • Grafik
  • Infografis

Beragam jenis konten tersebut dibuat sebaik mungkin agar memiliki tingkat efektivitas yang tinggi dalam mendorong keterlibatan terhadap audiens.

Selain dari sisi konten, akun sosial medianya pun sangat berpengaruh. Semakin tinggi jumlah follower / subscriber yang dimilikinya, maka potensi keterlibatan audiens-nya pun akan semakin bagus.

Namun, jika belum memiliki jumlah pengikut yang mencukupi, maka SMM bisa dilakukan secara berbayar menggunakan teknik content ads melalui masing-masing platform sosial media yang akan dipilih.

Jenis-Jenis Platform Social Media Marketing

Ada beberapa jenis platform social media marketing yang sering digunakan oleh para content creator untuk memasarkan konten, brand, maupun produk yang dimilikinya. Berikut diantaranya:

A.      Facebook

Facebook merupakan salah satu platform sosial media nomor 1 di dunia dan yang paling populer yang digunakan sebagai salah satu penerapan SMM.

Penerapan SMM melalui Facebook bisa dilakukan melalui fanspage atau halaman Facebook yang mendukung fitur advance dan fitur periklanan.

  • Jumlah pengguna: 2,4 milyar (per Maret 2019)
  • Kategori: B2B dan B2C
  • Kelompok usia: 18 – 45 tahun

B.      TikTok

TikTok merupakan sosial media yang paling pesat pertumbuhannya sepanjang masa. Bahkan, Facebook sendiri mengatakan bahwa layanannya sudah tergeser peringkatnya oleh platform satu ini.

Dikarenakan konten-konten yang dimuat berorientasi pada video pendek, maka SMM yang dilakukan melalui TikTok harus lebih terfokus pada konten video.

 

  • Jumlah pengguna: 1 miliar (per Juni 2019)
  • Kategori: B2C
  • Kelompok usia: 10 – 30 tahun

C.      Instagram

Instagram juga termasuk platform visual karena kontennya meliputi foto dan video. Namun tidak seperti TikTok, Instagram lebih fokus pada pengembangan sisi fitur periklannya sehingga diyakini sebagai salah satu sosial media perdagangan masa depan.

Namun, Instagram tidak memiliki fitur kaya teks seperti Facebook sehingga opsi pembuatan kontennya terbatas.karena itu, kalian harus pandai-pandai menentukan jenis kontennya.

  • Jumlah pengguna: 1 miliar (per Maret 2019)
  • Kategori: B2C
  • Kelompok usia: 18 – 35 tahun

Manfaat Social Media Marketing

Berikut beragam manfaatkan yang kalian dapatkan apabila memanfaatkan social media marketing dengan baik:

  1. Mampu menjangkau audiens yang sangat spesifik dan tertarget mulai dari usia hingga hobi atau ketertarikannya.
  2. Dibantu dengan big data dan AI (Artificial Intelligent) dari masing-masing sosial media sehingga jangkauan konten jadi lebih tepat.
  3. Menghadirkan prospek calon pelanggan yang terbukti efektif sebagai salah satu media untuk menghasilkan pendapatan secara efektif.
  4. Meningkatkan branding suatu produk, logo, merk, atau nama jual kita di sosial media melalui kreasi konten yang kita buat.
  5. Sebagai sarana memperbaiki citra / reputasi saat diri kita atau bisnis kita mendapatkan fintah atau pencemaran nama baik di sosial media.

Nah, jika kalian ingin mengetahui lebih lanjut seputar penerapan social media marketing bagi perusahaan yang kalian miliki, maka silakan kunjungi https://www.topdigitalindonesia.com/.

Artike Terbaru :

Konsultasi Gratis Untuk Kemajuan Bisnis Anda

Lebih dari 100+ Klien Puas Menggunakan Jasa Digital Marketing Kami sejak 2008